• Hai, Welcome ! Like us on:

Install TP LINK WN 422 G pada Ubuntu 12.04 LTS

Punya tetangga baik lama-lam di hati saya tidak enak juga. Gimana mau enak, dia terlau baik sih. Udah dikasih koneksi gratis, eee malah di pinjamin Aces Point sebagai Penerimanya. hemmm trimakasih ya tetangga yang baik.
Akhirnya saya browsing, cari di tokobagus.com usb wifi. Alhasil langsung ketemu deh sama TPLink Wn422G. Aku cari tu rumah penjual dan langsung ku bayar kontan heheee(barang bekas aja dibanggain).
Nah nyampek rumah langsung aku tanacepin usb pada Ubuntu. e ternyata tidak detect.
sempat juga berfikiran negatif sama penjual, akhirnya saya coba Live Lubuntu dan coba juga colokin USB Wifi. lhoo??kok langsung detect?. Coba Kubuntu, Fedora, Suse, Mint, semuanya kok langsung detect?
berarti dapat diambil kesimpulan TLWN422G belum dikenal oleh ubuntu 12.04 LTS. kenapa ya? Padahal Lubuntu, Mint, Kubuntu semua turunan dari ubuntu. kok si Induk gak bisa sih?(gak tau ah, langsung pada pokok bahasan)

langsung browsing  pakai komputer lain. ini totorialnya
buka terminal, ketik
 

nah itu kelihatan pakai chip atheros dengan ID 0cf3:1006 . 
intinya disini kita menggunakan driver TL WN422G win7 32bit dengan bantuan aplikasi mdiswrapper. kita perlu install dulu dong. Masukan perintah 
 

langkah selanjutnya untuk mempermudah copyan driver WN422g win 7 32 bit pada Downloads

lalu masuklah direkroti terminal pada downloads / apabila sudah pada directory downloads tidak perlu dilakukan perintah ini.
 

untuk mengecek driver ketik
 

maka muncul isi directory perhatikan pada file berekstensi .inf
lalu ketikan 

*********= nama driver
installing netathuw ...

Kemudian
 
netathuw : driver installed

 

 

 

 

dan sekarang lihat sinyal wifi pada connection. wow. udah muncul. Selamt mencoba

NB. Mohon maaf pada saat proses instalasi saya tida sempat copy hasil terminal dan screenshot. dikarenakan saat itu memang benar-benar tegang takut WN422g saya tidak bisa digunakan.
namun bila pembaca kurang jelas bisa menginggalkan komentar, dan insyallah saya bantu semampu saya.


0 comments:

Post a Comment

Readers may send comments on this post. The contents of comments not represent the views, opinions or policies Catatan Ubuntu Dian Watukembang [CUDW] and entirely the responsibility of the sender.

Readers can report a comment if it is considered unethical, abusive, defamatory, or redistributed. Catatan Ubuntu Dian Watukembang [CUDW] will consider each complaint and may decide to keep or delete the comment display.