• Hai, Welcome ! Like us on:

Ubuntu Hanya Tampil Wallpaper saja

Waduh!!gawat ini. ubuntuku sepertinya bermasalah. hanya tampil wallpaper saja. menu yang ada disamping dan diatas tidak keluar. aku hampir saja putus asa. mungkin jalan satu-satunya instal ulang. tapi bagai mana dengan aplikasi yang sudah saya instal?. configurasi yang pernah saya lakukan? rasanya tidak mungkin untuk menggulang lagi. lebih parahnya sistem backupnya memang sengaja aku matikan karena keterbatasan hardisk.
Untuk sejenak aku tenangkan diri. lalu aku browsing dengan Komputer lainya. Seketika itu aku tidak bisa menemukan jawaban. dengan rasa kepala agak berat (karena capek+pusing) akhirnya saya menemukan satu kata kunci.
dari tampilan wallpaper dengan menu yang blank, itu berarti ada kesalahan pada startup. akhirnya saya buka terminal (pakai shortcut) Ctrl + ALt + T
masuk pada super user
 

lalu mengetik
 

artinya memanggil tampilan gnome ubuntu, seperti ubuntu clasic.

alhamdulilah, akhirnya ada jawaban. setidaknya saya bisa buka browser, office dll.
ketika saya reboot komputer, ternyata saya masih harus mengulang langkah diatas untuk mendapatkan tampilan Gnome. akhirnya muncul ide untuk membuat startup gnome (agar muncul otomatis) dengan cara
klik menu Applications => system Tools => Preference =>startup Applications
wow,...memang benar dugaan saya. pada startup semua aplikasi yang biasa muncul otomatis hilang semua.
lalu saya tambah startup dengan cara
add =>
Name : gnome (terserah)
Command : gnome-panel
Comment : (kosong saja)
add =>close

coba reboot. Sip, hasilnya bisa langsung startup pada gnome.

namun saya belum puas dengan hasil tersebut karena belum seperti tampilan sebelum hilang.
setelah browsing, tampilan yang saya maksud adalah Dekstop Unity.
setelah itu saya coba buka terminal
lalu mengetik
unity
ternyata unity saya sudah hilang (tidak tahu critanya, seinggat saya tidak pernah saya hapus dech).
tapi gk jadi maslah untuk saya
lalu saya ketik
 

maka akan mengisntal unity dan tunggu sampai selesai.
setelah itu ketikan perintah pada terminal
 

tuuiiinkk,,maka dekstop akan menampilan seperti sedia kala.

hahaa,,
kalau ada saran  atau pertanyaan bisa tinggalkan komentar.



8 comments:

Ar_WI's BLOG said...

Setela saya ketik unity dan tekan enter. Tidak berefek apa-apa. Bagaimana mas?

dian sisa pambudi said...

pake ubuntu versi brapa om?
klo 11.10 keatas udah ada unity , tapi klo bwahnya maka install unity dulu
ketikan
sudo apt-get install unity


Kopyor Gayeng said...

Makasih banyak gan, jaza kumullaah...

Rahmansyah said...

gan saya persis seperti kasus diatas, hanya terlihat wallpaper saja sudah saya coba pakai petunjuk agan, tetapi tidak berhasil, saya pakai ubuntu 14.04 bagaimana ya gan

dian sisa pambudi said...

Sbelumnya install apa gan?
Ato bisa dijelaskan kronologinya.. Biasae cuma salah di config

Unknown said...

Saya di ubunty 16.04 lts juga sama seperti itu setelah install cairo-dock

Angga Chelsea said...

Bang cara install gnome-panel nya harus online yah bang?

Angga Chelsea said...

Saya juga sama bro pake ubuntu 16 masih sprti itu

Post a Comment

Readers may send comments on this post. The contents of comments not represent the views, opinions or policies Catatan Ubuntu Dian Watukembang [CUDW] and entirely the responsibility of the sender.

Readers can report a comment if it is considered unethical, abusive, defamatory, or redistributed. Catatan Ubuntu Dian Watukembang [CUDW] will consider each complaint and may decide to keep or delete the comment display.