• Hai, Welcome ! Like us on:

Cara Install Gimp Pada Ubuntu

Bingung mau edit gambar? kalau pakai windows biasanya kita menggunakan photoshop (yang paling popular). nah, kalau menggunakan ubuntu apakah bisa?
jawabnya bisa. kita bisa menggunakan aplikasi wine, yaitu agar ubuntu kita bisa menjalankan file exe. akan tetapi banyak sebagian orang yang menggunakan ubuntu dan menginstal photoshop mengatakan kurang puas karena kadang tidak bisa berjalan dengan lancar.
kalau menurut saya pribadi, kenapa kita harus dan ribet mikir photoshop? rata-rata photoshop yang kita gunakan adalah versi crak, alias bukan lisensi resmi. hahaha, biasa masih cari yang gratisan. lalu gimana? cari saja versi free dari ubuntu. namanya gimp (GNU Manipulation Program) dimana kita tidak perlu membayar kepada pihak pembuat aplikasi ini. yang menarik dari GIMP ini selain Free, GIMP bisa berjalan pada semua Platform sistem Operasi.
GIMP sangat cocok digunakan untuk image manipulation tasks, including photo retouching, image composition, dan image construction.
GIMP memiliki banyak kapabilitas. Yang bisa digunakan untuk membuat gambar sederhana, bisa juga digunakan untuk foto retouching, memproduksi image rendering, konversi format image, dan lain sebagainya.
yang jelas, GIMP ini pengganti photoshop pada Ubuntu anda.
berikut cara instal GIMP dengan versi GUI.
Pertama Klik ubuntu software Centre pada menu dash kiri
pada ubuntu software centre ketik GIMP pada kolom search
uhuii, muncul GIMP Image Editor (gambarnya Kucing) lalu klik pada install
setelah itu masukan password root pada athenthication
tunggu beberapa saat untuk proses instalasi.

setelah proses instalasi selesai, coba lihat pada menu sebelah kiri ada gambar kucingkan? nah, itu gimp, langsung klik saja dech.


selesai. selamat berkreasi.

0 comments:

Post a Comment

Readers may send comments on this post. The contents of comments not represent the views, opinions or policies Catatan Ubuntu Dian Watukembang [CUDW] and entirely the responsibility of the sender.

Readers can report a comment if it is considered unethical, abusive, defamatory, or redistributed. Catatan Ubuntu Dian Watukembang [CUDW] will consider each complaint and may decide to keep or delete the comment display.